Kebijakan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pemalang (studi kasus Implementasi Komunikasi Organisasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang)

Oktaviana, Risa (2012) Kebijakan Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pemalang (studi kasus Implementasi Komunikasi Organisasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (290kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti ingin menggali proses komunikasi organisasi kebijakan promosi objek wisata di Kabupaten Pemalang; melalui tiga tahap. Pertama, perumusan kebijakan promosi; dari mana pengambil keputusan (decision maker) dan stakeholder mengambil referensi informasi, media apa yang digunakan untuk mengetahui informasi tersebut serta hasil akhir proses perumusan kebijakan promosi objek wisata. Kedua, pelaksanaan kebijakan promosi; saluran dan kebijakan komunikasi penerapan kebijakan promosi objek wisata dan ketiga, pengawasan kebijakan promosi objek wisata yaitu ukuran pengawasan serta keberhasilan proses mengkomunikasikan penerapan kebijakan promosi objek wisata yang kesemuanya berada pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang. Metode dasar (pendekatan) yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode studi kasus. Fokus penelitian ini mengupayakan mengumpulkan data yang detail dan komprehensif terkait komunikasi organisasi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang dalam pengolahan kebijakan promosi pariwisata. Selanjutnya, data dilakukan analisis proses dalam komunikasi organisasi terdiri dari proses perumusan, pelaksanaan dan pengawasan dan pengawasan kebijakan promosi pariwisata Kabupaten Pemalang. Dari analisa data hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang perumusan kebijakan promosi pariwisata sudah berjalan secara benar sesuai dengan petunjuk dan aturan kedinasan; (2) Secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang pelaksanaan kebijakan promosi pariwisata telah berjalan sesuai gambaran dari perumusan kebijakan promosi pariwisata; (3) Secara prosedural implementasi komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang tentang pengawasan kebijakan promosi pariwisata hanya menggunakan satu pointer kendali organisasi saja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Kebijakan, Pariwisata, Promosi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Oct 2012 10:31
Last Modified: 11 Oct 2012 10:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20614

Actions (login required)

View Item View Item