Sudono, Sudono (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf melalui Pendekatan Kooperatif Teknik CIRC Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wedarijaksa – Pati Tahun Pembelajarn 2011-2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (336kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Program studi Magister Pengkajian Bahasa. Penelitian yang berjudul Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf melalui Pendekatan Kooperatif Teknik CIRC Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wedarijaksa –Pati Tahun Pembelajaran 2011-2012 ini memiliki perumusan masalah: (1) Apakah melalui teknik CIRC dapat meningkatkan keaktifan menulis paragraf pada siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa-Pati ? (2) Apakah melalui teknik CIRC dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf pada siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa-Pati ?Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan keaktifan menulis paragraf pada siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa melalui teknik CIRC, (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf pada siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa melalui teknik CIRC. Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif yang membahas pembelajaran menulis paragraf di kalangan siswa SMP Negeri 2 Wedarijaksa-Pati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) tes kemampuan. Sumber data diperoleh dari (1) keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menulis paragraf, (2) hasil kemampuan siswa dalam menulis paragraf melalui teknik CIRC,(3) kemampuan guru dalam menyajikan materi pembelajaran menulis paragraf dengan teknik CIRC, dan informasi lain yang diperoleh dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia, kepala sekolah, serta kolaborator. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskreptif presentase. Data kualitatif berupa data tentang kreatifitas dan motivasi belajar siswa dalam menulis paragraf yang diambil dari pengamatan dan wawancara, baik siklus satu maupun siklus dua selama proses pembelajaran berlangsung kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini (1) keaktifan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf dapat meningkat, dan (2) kemampuan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf dengan menggunakan teknik Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC – Mengarang dan Membaca Terintegrasi yang Kooperatif ) dengan dibuktikan 80% siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 79 di atas KKM di SMP Negeri 2 Wedarijaksasebesar 71.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, keterampilan menulis, teknik CIRC, meningkat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 10:50 |
Last Modified: | 10 Oct 2012 10:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20592 |
Actions (login required)
View Item |