Sari, Dita Yulia (2012) Realisasi Kesantunan Berbahasa Di Lingkungan Terminal (Sebuah Kajian Sosiopragmatik). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf Download (522kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._bab_1.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Bab II)
4._bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab III)
5._bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
||
PDF (Bab V)
7._bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf Download (352kB) |
Abstract
Tuturan berbahasa di lingkungan terminal kerap kali terdengar kasar. Kajian mengenai realisasi kesantunan berbahasa di lingkungan terminal ini tidak cukup hanya dengan menganalisis ragam bahasanya saja, tetapi perlu juga dari aspek sosiopragmatik dan respons para penutur bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan dirumuskan sebagai berikut. (1) Bagaimana realisasi kesantunan berbahasa di lingkungan terminal, (2) Bagaimana penyimpangan prinsip kesopanan yang diucapkan oleh calo, pedagang asongan, supir, dan kondektur, (3) Bagaimana persepsi penyimak bahasa yang berasal dari luar lingkungan terminal terhadap realisasi kesantunan berbahasa di lingkungan terminal? Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kartu data. Sumber data penelitian ini adalah para calo, pedagang asongan, supir dan kondektur yang terdapat di lingkungan terminal Tirtonadi Surakarta. Data/ korpus dalam penelitian ini adalah tuturan para calo, pedagang asongan, supir dan kondektur yang mengandung kata-kata kasar dan pelanggaran Prinsip Kesantunan Leech. Hasil penelitian realisasi bahasa yang tidak santun yang diucapkan oleh calo, pedagang asongan, supir dan kondektur sangatlah kasar. Wujud ragam bahasa tersebut sangat tidak enak didengar, menyakitkan hati, bicara dengan kepahitan, olok-olok atau sindiran pedas dan mengandung celaan getir. Penyimpangan prinsip kesopanan yang diucapkan oleh calo, pedagang asongan, supir dan kondektur melanggar maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, maksim kemurahan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan dan maksim kesimpatian. Persepsi penutur bahasa di luar lingkungan terminal seperti guru, mahasiswa, karyawan swasta dan ustadz beranggapan bahwa tuturan yang ada di lingkungan terminal sebagian besar adalah tuturan kasar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesantunan Berbahasa dan Sosiopragmatik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 06:46 |
Last Modified: | 10 Oct 2012 06:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20586 |
Actions (login required)
View Item |