Eriana, Jela Devy (2012) Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru dan Intensitas Belajar Pada Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X SMK Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (736kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012. 2) Pengaruh intensitas belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012. 3) pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan intensitas belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak adalah 84 siswa. Data diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = Y = 69,806 + 0, 072 X1 + 0, 093 X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan intensitas belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ”Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,132 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,036 dengan sumbangan efektif sebesar 26,5%. 2) “ Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,493 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,031 dengan sumbangan efektif sebesar 12,4%. 3) “ Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan intensitas belajar secara bersamasama terhadap Prestasi Belajar pada siswa Jurusan Akuntansi kelas X Di SMK Negeri I Boyolali tahun ajaran 2011/2012” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 3,937 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,389 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan intensitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 38,9%, sedangkan 61,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profesionalisme guru, Intensitas belajar, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 05:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2012 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20585 |
Actions (login required)
View Item |