Fauzin, Miftah (2012) Manajemen Sarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kerten Banyudono Boyolali Tahun 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (881kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (229kB) |
Abstract
Pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ada fasilitas pendukung jalannya pendidikan dan pengajaran. Maka dari itu dalam pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di setiap sekolah dibutuhkan adanya sarana pendidikan agar pencapaian tujuan pendidikan dapat berjalan dengan baik, lancar, teratu refektif dan efisien. Dengan adanya sarana pendidikan di sekolah, maka pihak sekolah harus bertanggung jawab untuk mengelolanya dengan baik dan profesional. Maka itu akan digunakan suatu pendekatan administratif tertentu yang disebut dengan manajemen, dalam hal ini adalah manajemen sarana pendidikan di sekolah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali serta beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali serta untuk mendeskripsikan beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di sekolah tersebut. Manfaat dari penelitian ini di antaranya adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran sebagai bahan pertimbangan tentang manajemen sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali, memberikan sumbangan praktis bagi penulis untuk dapat menambah wawasan atau pengalaman tentang manajemen sarana pendidikan. Sedangkan bagi MIM Kerten Banyudono Boyolali adalah sebagai tolak ukur apakah manajemen sarana pendidikan yang telah di terapkan sudah berhasil atau belum, selain itu juga sebagai masukan untuk upaya perbaikan jika masih banyak kekurangan dan upaya peningkatan jika sudah berjalan dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Penelitaian ini dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis dari orang atau perilaku yang diamati untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena dari data yang diperoleh di lapangan.Untuk menganalisis factor pendukung dan penghambat digunakan analisis SWOT ( Streng, Weakness, Opportunity, Threat). Kesimpulan, pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali sudah sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu dengan melakukan manajemen semua sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali. Yang menjadi factor pendukung dalam pelaksanaan manajemen sarana pendidikan di MIM Kerten Banyudono Boyolali adalah tersedianya beberapa sarana pendidikan sehingga menuntut pihak sekolah untuk mengelolanya dengan baik serta adanya kerjasama yang baik dalam pengelolaan sarana pendidikan di sekolah tersebut baik Kepala sekolah, Guru dan Siswa. Sedangkan factor penghambatnya adalah keadaan sekolah yang bukan sekolah unggulan, sarana pendidikan masih terbatas, minimnya anggaran dana untuk mengadakan sarana pendidikan serta minimnya prasarana sekolah untuk penyimpanan sarana pendidikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, SaranaPendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2012 12:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2012 12:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20444 |
Actions (login required)
View Item |