Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Penyakit Diabetes Mellitus dengan Depresi Pada Pasien Kaki Diabetik di Unit Rawat Jalan RSUD dr. Moewardi

Widhiarsi, Estu (2012) Hubungan Antara Pengetahuan Pasien Tentang Penyakit Diabetes Mellitus dengan Depresi Pada Pasien Kaki Diabetik di Unit Rawat Jalan RSUD dr. Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab VI)
8._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_BENAR.pdf

Download (517kB)

Abstract

Penyakit kaki diabetik merupakan bagian penyakit diabetes mellitus yang membutuhkan perawatan secara berkala dengan jangka waktu lama. Penyakit kaki diabetik dapat menyebabkan permasalahan-permasalahan yang bersifat fisik, psikologis, dan sosial yang dirasakan sebagai kondisi yang menekan. Permasalahan yang dialami pasien kaki diabetik juga dapat berlanjut menjadi suatu perasaan depresi. Untuk melakukan menajemen stress akibat dari sakit yang diderita, dibutuhkan pengetahuan yang baik agar pasien tidak semakin menjadi depresi. Hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa pasien kaki diabetik merasa banyak belum mengetahui tentang penyakit diabetik secara mendalam, merasa sedih dan putus asa karena sudah tidak bisa beraktivitas lagi layaknya orang normal karena adanya luka di kaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan pasien tentang penyakit diabetes mellitus dengan depresi pada pasien kakidiabetik di unit rawat jalan RSUD Dr. Moewardi. Metode penelitian menggunakandeskriptif korelatif. Pengambilan sampel menggunakan consecutive samplingdan diperoleh sampel sebanyak 49 orang sampel. Data penelitian diperoleh dari kuesioner pengetahuan dan kuesioner depresi yang dibagikan kepada responden. Data yang terkumpul selanjutnya dilakukan uji statitisk menggunakan uji korelasi Chi Square. Hasil penelitian memperlihatkan 21 responden (42,9%) mempunyai pengetahuan yang kurang. Hasil penilaian depresi memperlihatkan data 29 responden (59,2%) dengan depresi sedang. Hasil uji statistik Chi Squarediperoleh nilai χ²= 16,447 dengan signifikansi 0,001. Hasil ini berarti terdapat hubungan antara pengetahuan pasien tentang penyakit diabetes mellitus dengan depresi pada pasien kaki diabetik di Unit Rawat Jalan RSUD Dr. Moewardi. Saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya untuk petugas kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan bagi pasien kaki diabetik yang mengalami depresi bahwa dengan adanya melakukan perawatan kaki diabetik dapat sembuh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, depresi, kaki diabetik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2012 09:03
Last Modified: 02 Oct 2012 09:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item View Item