Pemikiran Prof. DR. Zakiah Daradjat Tentang Pendidikan Islam Dalam Persperktif Psikologi Agama

Kurniawan, Iwan Janu (2012) Pemikiran Prof. DR. Zakiah Daradjat Tentang Pendidikan Islam Dalam Persperktif Psikologi Agama. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikas)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan Islam mempunyai hubungan yang sangat erat dengan psikologi agama, seerat dua sisi koin yang tidak mungkin dilepaskan, satu sama lain saling melengkapi. Biasanya psikologi agama sering digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk menyampaikan pesan-pesan yang diusung oleh pendidikan Islam baik di lingkungan keluarga maupun sekolah. Tentunya dalam rangka untuk melahirkan generasi yang beriman, unggul dan tangguh dalam menghadapi persoalan-persoalan yang akan selalu dihadapi dirinya, keluarga dan bangsa ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam dalam perspektif psikologi agama, yang menarik di sini; ialah psikologi agama merupakan disiplin ilmu yang merupakan bagian dari hidupnya, sebab bisa dipastikan di dalam setiap karyanya teori-teori psikologi agama selalu ada. Hal ini dibuktikan dalam sepak terjangnya pada dunia terapi, pendidikan dan dakwah. Beliau sering mengaitkan ide-idenya dengan fenomemafenomena sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, misalnya kenakalan remaja, tindakan anarkis, seks bebas, narkoba, dan lain sebagainya. Permasalahan dalam penelitian ini ialah ”Bagaimana pemikiran Prof. Dr. Zakiah Daradjat tentang pendidikan Islam dalam perspektif psikologi agama”. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dan sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer yaitu seluruh karya dari Prof. Dr. Zakiah Daradjat dengan spesifikasi pada buku Ilmu Jiwa, Ilmu Pendidikan Islam, Pendidikan Agama dalam Pembinaan Mental, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat argumen serta untuk melengkapi data dari hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah analisis isi (content analisys). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini ialah (1). Pendidikan Islam tidak dilepaskan dari psikologi agama, yang satu sama saling membutuhkan, (2). Pendidikan Islam merupakan usaha sengaja yang dilakukan dengan melalui proses bimbingan, arahan, pembinaan terhadap peserta didik, yang berpedoman kepada al- Qur’an dan as Sunnah dan psikologi agama sebagai salah satu pendekatannya, (3). Pembinaan mental tidaklah dimulai dari sekolah melainkan dari keluarga bahkan sejak sebelum anak dilahirkan, setelah dilahirkan oleh orang terdekat dengannya, saudara kandung dan kerabat yang lainnya, yang memberikan dasar-dasar pembentukan kepribadian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Psikologi Agama dan Pembinaan Mental.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Sep 2012 06:42
Last Modified: 29 Sep 2012 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20373

Actions (login required)

View Item View Item