Upaya Pengelolaan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di SDIT Nur Hidayah Surakarta

Setyowati , Eny (2012) Upaya Pengelolaan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (769kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (63kB)

Abstract

Dewasa ini masih banyak nilai keagamaan sering terabaikan, untuk itu guru PAI diharapkan lebih optimal menjalankan tugasnya. Dengan sarana dan prasarana serta pengelolaan yang baik proses pembelajaran akan berkualitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012, apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012, bagaimana hasil peningkatan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012 melalui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan upaya pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012, mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012, mendiskripsikan hasil peningkatan mutu pembelajaran di SDIT Nur Hidayah tahun ajaran 2011/2012 melalui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan. Penelitian ini penelitian lapangan, pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian: upaya pengelolaan sarana dan prasarana fisik dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SDIT Nur Hidayah meliputi: 1) Perencanaan: perencanaan kebutuhan oleh guru PAI, melapor ke Kepala Sekolah. 2) Pengadaan oleh Wakil Kepala Sekolah, petugas multimedia dengan pembelian dan perbaikan. Guru PAI menetukan bentuk, ukuran, warna. 3) Penginventarisan oleh petugas multimedia: pencatatan barang ke buku penerimaan, pembuatan kode, pelaporan tiap bulan. 4) Pendistribusian secara langsung dan tidak langsung. 5) Pemeliharaan: pemeliharaan harian, berkala, darurat. Guru PAI mengajak siswa menjaga sarana dan prasarana. 6) Pemakaian secara efektif dan efisien sesuai materi dan metode pembelajaran. 7) penghapusan karena sarana rusak dan buku PAI kurikulum lama. 8) Pengawasan menanyakan ke guru PAI dan musyawarah rutin. Sarana dan prasarana non fisik : peraturan perlu ketegasan dan keistiqomahan dalam menjalankannya, metode pembelajaran guru harus kreatif, lingkungan non fisik ada komunikasi yang baik, kewibawaan harus dijaga. Faktor penghambat: siswa bermain di kelas, Wakil Kepala Sekolah kurang pembekalan, pengadaan oleh guru PAI terkadang tidak sesuai prosedur. Faktor pendukung: kerjasama baik, dana tercukupi, guru PAI mahir memakai sarana elektronik. Hasil peningkatan mutu pembelajaran PAI melalui pengelolaan sarana dan prasarana: a) Hasil ujian sekolah kelas VI mata pelajaran PAI tahun ajaran 2011/2012 mendapatkan nilai rata-rata yang cukup baik yaitu 8,25. b) Hasil perlombaan bidang keagamaan tahun ajaran 2011/2012 cukup banyak. c) Kesadaran siswa dalam kegiatan keagamaan semakin meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Mutu pembelajaran PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Sep 2012 11:49
Last Modified: 28 Sep 2012 11:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item View Item