Hidayah, Fajriyah Nur (2012) Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (43kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (269kB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajarnya di sekolah. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki motivasi yang berbeda-beda antara siswa yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, guru dan orang tua memiliki peranan dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa, terutama dukungan orang tua terhadap keberhasilan pendidikan anak. Dengan dukungan orang tua, terutama perhatian orang tua dalam pendidikan anak, diharapkan dapat memberikan semangat belajar anak guna meraih suatu cita-cita atau prestasi. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar anak di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SD Negeri Bumi 1 Laweyan Surakarta kelas 5 berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan skala dukungan orangtua dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta dengan nilai r = 0,729; p = 0,000 (p<0,05). Sumbangan efektif variabel dukungan orangtua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 53,1%. Dukungan orangtua siswa SD Negeri Bumi 1 Laweyan Surakarta tergolong sangat tinggi dengan rerata empirik sebesar 105,38 dan retata hipotetik sebesar 72,5. Motivasi belajar siswa SD Negeri Bumi 1 Laweyan Surakarta tergolong tinggi dengan rerata empirik sebesar 94,84 dan rerata hipotetik sebesar 75. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar siswa di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dukungan orangtua, motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Sep 2012 06:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2012 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20355 |
Actions (login required)
View Item |