Muqoyyadi, Imam (2012) Manajemen Pendidikan Islam Non Formal Di Panti Asuhan Yatim Mardhatillah Kartasura – Sukoharjo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (811kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (218kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (229kB) |
Abstract
Panti asuhan yatim mardhatillah Kartasura merupakan tempat untuk mengatasi berbagai kendala sosial, salah satu diantaranya adalah masalah pendidikan bagi anak yatim, piatu, yatim piatu serta keluarga tidak mampu. Terkait dengan masalah pendidikan, panti asuhan yatim Mardhatillah memberikan pendidikan secara non fomal khususnya pendidikan Islam kepada anak asuh. Namun tidaklah mudah memberikan pendidikan Islam di panti asuhan yatim Mardhatillah, hal ini dikarenakan anak asuh datang dari berbagai latar belakang yang berbeda seperti asal daerah yang berbeda-beda serta umur yang beragam. Maka disitulah peran manajemen sangat diperlukan. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan beberapa masalah pertama, bagaimana pelaksanaan manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah kartasura Sukoharjo. Kedua, apakah faktor pendukung dan penghambat manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah Kartasura Sukoharjo. Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah Kartasura Sukoharjo serta untuk mengetahui apakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah Kartasura Sukoharjo. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data yang digunakan penulis adalah menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah termasuk dalam kategori baik, hal ini terbukti adanya visi, misi dan tujuan yang jelas, perencanaan yang matang serta penjadwalan seluruh kegiatan yang rapi. Adapun faktor pendukung terlaksananya manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim Mardhatillah diantaranya: 1). Hubungan antara pengurus dan masyarakat berjalan dengan baik. 2). Pengelola Panti Asuhan Yatim Mardhatillah Kartasura menyajikan pemateri yang kompeten sehingga masyarakat dan anak yatim merasa paham dan mengerti tentang materi yang disampaikan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. 3). Letak Panti Asuhan Yatim Mardhatillah Kartasura yang strategis dan mudah untuk dijangkau dan fasilitas yang baik untuk menunjang semua kegiatan. Adapun faktor penghambat terlaksananya manajemen pendidikan Islam non formal di panti asuhan yatim xiii Mardhatillah yaitu belum banyak punya tenaga pendidik yang berkualitas dan ikhlas serta kesibukan pimpinan panti diberbagai tempat sehingga kontrolnya kurang
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan Islam non formal, Panti asuhan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Sep 2012 05:33 |
Last Modified: | 28 Sep 2012 05:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20348 |
Actions (login required)
View Item |