Darmastuti, Effie Adjeng and , Husni Thamrin and , Ady Purna Kurniawan (2012) Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (678kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi komputer dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri. Siswa kelas 3 sekolah dasar merupakan anak yang berada pada kelas awal sekolah dasar, dimana anak mulai mencari tahu mengenai sebab akibat yang terjadi. Salah satu mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa kelas 3 sekolah dasar yaitu Ilmu Pengetahuan Alam yang dapat dipelajarai melalui suatu demonstrasi atau simulasi, sedangkan pada kenyataannya, siswa hanya diajarkan mengenai teori saja dan pembelajaran terpusat kepada guru. Siswa kelas 3 sekolah dasar membutuhkan suatu media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan untuk membantu siswa belajar secara mandiri dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas 3 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan materi, perancangan program dengan pembuatan storyboard terlebih dahulu, perekaman suara, pembuatan program dengan Macromedia Flash 8, kemudian dilakukan pengujian program dengan melibatkan guru dan siswa menggunakan kuisioner. Media pembelajaran ini berisi sepuluh materi yang diajarkan kepada siswa kelas 3 sekolah dasar dengan berbagai gambar dan animasi yang menarik. Latihan soal juga diberikan untuk mengingatkan siswa terhadap materi yang telah dipelajari. Hasil dari penelitian ini yaitu program Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar telah selesai dibuat. Pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% responden menyatakan program ini menarik dan dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri. 85% siswa mengalami peningkatan nilai yang bervariasi antara 12%- 80%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, IPA, software animasi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) T Technology > TZ Technical Information |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Esti Handayani |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 12:03 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 03:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20339 |
Actions (login required)
View Item |