Peta Digital Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Dengan Bantuan Google Maps (Studi Kasus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta)

Zainuddin, Muhammad (2012) Peta Digital Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Dengan Bantuan Google Maps (Studi Kasus Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (5kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Muhammadiyah adalah organisasi gerakan islam, da’wah amar ma’ruf nahi munkar dan tajdid, yang bersumber pada Al-Qur`an dan As-Sunnah. Struktur organisasi Muhammadiyah dibagi menjadi beberapa tingkatan, diantaranya Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang dan Pimpinan Ranting. Pada kenyataannya Muhammadiyah belum memiliki mekanisme atau aplikasi yang mampu menangani kompleksitas Cabang maupun Ranting khusunya keaktifan dan letak geografisnya, maka perlu dibuat sebuah aplikasi yang dapat menampilkannya secara visual, yaitu peta digital Cabang dan Ranting Muhammadiyah dengan bantuan Google Maps. Perancangan dan pembangunan peta digital dimulai dengan tahapan analisis kebutuhan, baik kebutuhan hardware dan kebutuhan software. Kemudian dilanjutkan tahapan perancangan yang meliputi perancangan sistem, perancangan use case, perancangan basis data (tabel TIC) dan Perancangan Desain. Peta digital ini dibangun menggunakan pemrograman PHP(Hypertext Preprocessor). Peta digital ini dalam pembuatannya menggunakan program aplikasi Adobe Dreamweaver CS 4 sebagai tool untuk penulisan skrip dan program aplikasi XAMPP 1.7.2 yang didalamnya terdapat paket apache digunakan sebagai web server serta paket aplikasi MySQL sebagai pengelolah basis data. Dengan mengikuti tahapan yang telah dibuat, Peta Digital Cabang dan Ranting Muhammadiyah dengan bantuan Google Maps dapat terwujud serta dapat berjalan sebagaimana yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan. Keaktifan Cabang dan Ranting tidak hanya sebatas penilaian diatas, namun keaktifan Cabang dan Ranting lebih tepatnya peran Cabang dan Ranting dalam mengakomodasi kebutuhan akan sarana pembangunan fisik dan non fisik, baik bagi masyarakat atau warga muhammadiyah dan pengurus. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa Cabang dan Ranting yang aktif adalah Cabang dan Ranting yang mempunyai kegiatan yang menunjang baik bagi pengurus maupun masyarakat atau warga muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peta digital, Muhammadiyah, google maps
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 27 Sep 2012 11:39
Last Modified: 02 Nov 2022 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item