Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak-Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak Program Fullday Dan Reguler

Yuwana , Septiansyah Rizky (2012) Studi Komparasi Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar Pada Anak-Anak Yang Mengikuti Pendidikan Taman Kanak-Kanak Program Fullday Dan Reguler. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman depan )
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (820kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naspub.pdf

Download (495kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk kehidupan di jenjang selanjutnya, yakni Sekolah Dasar (SD). Anak harus mempersiapkan untuk mengikuti pendidikan pada SD yakni dengan mengikuti pendidikan Taman Kanak-kanak (TK). Dewasa ini, ada dua jenis program TK, yakni TK fullday dan TK reguler. Keduanya memiliki beberapa perbedaan, yang nantinya akan memberikan hasil yang berbeda juga pada kesiapan anak memasuki SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. Populasinya adalah anak yang mengikuti TK di Kec. Banyudono, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Sampel diambil dengan metode purposive random sampling, anak-anak TK Aisyiyah Bendan dan TK Al-Hikam menjadi sampel dari penelitian ini. Jumlah subjek dalam penelitian ini terdapat 81 anak. Metode analisis data menggunakan uji t, dengan analisis independent sample t-test untuk mengetahui perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada kedua jenis TK tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, ada perbedaan rerata kesiapan anak antara TK reguler dan fullday, rerata kesiapan anak TK reguler sebesar 144,31 dan rerata kesiapan anak TK fullday sebesar 155,82 dengan signifikansi p=0,038 (p<0,05), yang artinya ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) Ada perbedaan kesiapan anak memasuki SD pada anak-anak yang mengikuti pendidikan TK program fullday dan reguler. (2) Kesiapan anak memasuki SD pada TK fullday memiliki kategori tinggi. (3) Kesiapan anak memasuki SD pada TK reguler memiliki kategori sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesiapan anak memasuki SD, TK reguler, TK fullday
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 27 Sep 2012 11:19
Last Modified: 27 Sep 2012 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20325

Actions (login required)

View Item View Item