HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA

Komalasari, Oktariani (2012) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 2)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab 3)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab 4)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab 5)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Dafpus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Prestasi belajar seni budaya pada siswa SMA Batik 2 Surakarta dari tahun 2008 hingga 2011 menunjukkan prestasi yang selalu meningkat. Hasil ini didukung oleh minat siswa terhadap kegiatan seni budaya di sekolah dan didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana seni budaya yang memadai. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seni budaya selain minat dan kertersediaan sarana dan prasarana adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan intelektual memberikan persiapan bagi individu untuk menghadapi gejolak, kesempatan ataupun kesulitan-kesulitan dan kehidupan. Dengan kecerdasan emosional, individu mampu mengetahui dan menanggapi perasaan mereka sendiri dengan baik dan mampu membaca dan menghadapi perasaan-perasaan orang lain dengan efektif. Individu dengan keterampilan emosional yang berkembang baik berarti kemungkinan besar ia akan berhasil dalam kehidupan dan memiliki motivasi untuk berprestasi. Sedangkan individu yang tidak dapat menahan kendali atas kehidupan emosionalnya akan mengalami pertarungan batin yang merusak kemampuannya untuk memusatkan perhatian pada tugas-tugasnya dan memiliki pikiran yang jernih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar seni budaya, tingkat kecerdasan emosional, prestasi seni budaya, dan untuk mengetahui sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar seni budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan datanya menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa-siswi SMA Batik 2 Surakarta kelas XI IA1, IA2, IA3, IS1, IS2, IS3, IS4, dan IS5. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi yang didahulu dengan uji asumsi berupa normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar seni budaya, faktor kecerdasan emosional mempunyai pengaruh 60,9 % terhadap prestasi belajar seni budaya dan ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang mempengaruhi prestasi belajar seni budaya pada siswa. Sedangkan 39,1 % lagi dipengaruhi oleh faktor lainnya, misalnya faktor motivasi, emosi, faktor lingkungan sosial dan non sosial, dan kecerdasan emosional yang tergolong tinggi dan hal ini ditunjukkan dari rerata empirik sebesar 122,44 dan rerata hipotetik sebesar 90.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kecerdasan emosional, prestasi belajar seni budaya
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2012 10:49
Last Modified: 27 Sep 2012 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20319

Actions (login required)

View Item View Item