Prasetyo, Wawan Endro (2012) Analisis Sifat Fisis dan Mekanis Roda Gigi Reducer Sebelum dan Sesudah Dicarburizing. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (780kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bba IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (900kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Carburizing merupakan salah satu proses laku panas untuk meningkatkan kekerasan pada roda gigi reducer. Tujuan dari penelitian ini adalah, mengetahui kandungan komposisi kimia, membandingkan sruktur mikro, membandingkan kekerasan, dan mengetahui difusi karbon pada roda gigi cacing silindris dan batang cacing merk TKB, CEA,CCM sebelum dan sesudah dicarburizing. Pada penelitian ini spesimen dicarburizing dengan menggunakan pack carburizing (karburasi padat) yaitu wadah diisi dengan arang kayu yang sudah dicampur dengan barium carbonat yang mana spesimen diletakkan ditengah, wadah ditutup rapat dengan memberikan tanah liat diatas tutupnya supaya tidak ada udara yang masuk kemudian baru dipanaskan dengan suhu 950 ºC, dengan variasi waktu 1 jam, 2 jam dan 3 jam yang kemudian didinginkan dengan cara yang lambat. Setelah proses carburizing selesai lalu spesimen diuji sruktur mikro, kekerasan, dan difusi karbon. Hasil analisis dari pengujian komposisi kimia pada batang cacing untuk semua merk menujukkan unsur paduan paling dominan Mangan (Mn), dengan nilai presentase terendah yaitu merk 0.7100 sedangkan roda gigi silindris untuk semua merk menunjukkan kandungan karbon (C), dengan nilai presentasenya terendah 3.7225 . Pada pengujian struktur mikro batang cacing untuk semua merk terdiri dari fasa ferit dan perlit, sebelum dan sesudah carburizing. Hasil pengujian kekerasan pada batang cacing untuk semua merk mempunyai peningkatan kekerasan setelah proses carburizing. Pengujian difusi menunjukkan bahwa semakin tingginya suhu dan lamanya waktu penahanan, maka ketebalan difusi karbon akan semakin besar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | roda gigi reducer, Pack carburizing, Difusi. |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Sep 2012 07:16 |
Last Modified: | 26 Sep 2012 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20251 |
Actions (login required)
View Item |