Pengaruh Pelatihan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Dukun Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangdowo Klaten

WIDHIASTUTI, ERMA (2012) Pengaruh Pelatihan Pijat Bayi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Dukun Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangdowo Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pijat merupakan salah satu bentuk dari terapi sentuh yang berfungsi sebagai salah satu teknik pengobatan penting. Pijat bayi secara rutin akan membantu mempertahankan kesehatannya dan membantu tumbuh kembang fisik dan emosi bayi. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh pelatihan pada dukun bayi tentang pijat bayi terhadap pengetahuan dan keterampilan dukun bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Karangdowo Klaten. Jenis penelitian adalah penelitian campuran yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian one group pretest – posttest design. Jenis Penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan longitudinal. sampel penelitian sebanyak 13 orang dukun bayi, dengan tehnik pengambilan sample menggunakan total sampling. Instrument penelitian untuk pengetahuan dengan kuesioner yang diberikan untuk pre test dan post test. observasi untuk mengamati dukun bayi yang memijat kliennya setelah diberikan pelatihan pijat bayi. Observasi dilakukan kepada 5 dukun pijat bayi. Analisis data menggunakan uji McNemar Test. Hasil penelitian memperihatkan pada pre test pengetahuan semua responden memiliki pengetahuan yang kurang dan post memperlihatkan 12 responden (92,3%) pengetahuan menjadi baik dan 1 responden (7,7%) pengetahuan masih kurang. Hasil uji McNemar Test menunjukkan nilai signifikansi 0,001, sehingga disimpulkan ada pengaruh pelatihan pada dukun bayi tentang pijat bayi terhadap pengetahuan dukun bayi di wilayah kerja Puskesmas Karangdowo Klaten. Keterampilan dukun bayi diperoleh data yaitu dari 5 responden, 2 responden telah melakukan pemijatan yang sesuai dengan pelatihan yang diberikan. Dua responden sudah benar dalam pemijatan bagian kepala namun belum benar dalam pemijatan perut. satu responden belum tepat dalam pemijatan bayi sesuai dengan pelatihan yaitu masih memijat bagian kepala dan perut yang mengakibatkan bayi berisiko mengalami kesakitan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelatihan, dukun bayi , pengetahuan, keterampilan pijat bayi.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 24 Sep 2012 15:17
Last Modified: 24 Sep 2012 15:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20217

Actions (login required)

View Item View Item