Winarsih, Yut Tri (2012) Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (11MB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (197kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan Bercerita dengan buku cerita pada kelompok A di TK Al Islam Kadipiro, Sambirejo, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok A. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bercerita. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan interpersonal anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,05, dengan prosentase 37,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 10,25, dengan prosentase 42,5%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 15,95,dengan prosentase 66,5%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 20,3, dengan prosentase 84,2%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan buku cerita dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan interpersonal, metode bercerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 13:25 |
Last Modified: | 21 Sep 2012 09:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20150 |
Actions (login required)
View Item |