Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Winarsih, Yut Tri (2012) Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Melalui Metode Bercerita Pada Kelompok A Di Tk Al Islam Kadipiro Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan Bercerita dengan buku cerita pada kelompok A di TK Al Islam Kadipiro, Sambirejo, Sragen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penerima tindakan adalah anak kelompok A. Pelaksana tindakan adalah peneliti, sedangkan guru kelas bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan interpersonal anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui kegiatan bercerita. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kecerdasan interpersonal anak, yakni sebelum tindakan nilai rata-rata kelas 9,05, dengan prosentase 37,%, peningkatan siklus I nilai rata-rata kelas 10,25, dengan prosentase 42,5%, pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 15,95,dengan prosentase 66,5%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 20,3, dengan prosentase 84,2%. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan buku cerita dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan interpersonal, metode bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Sep 2012 13:25
Last Modified: 21 Sep 2012 09:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20150

Actions (login required)

View Item View Item