SARTIKA , TIKA (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori Pada Anak Kelompok B2 Di Tk Pg Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2011 – 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (173kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (172kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan membaca permulaan anak melalui metode multisensori. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu Tahun Pelajaran 2011/2012 dan obyek penelitian ini adalah membaca permulaan anak. Data membaca permulaan anak dikumpulkan dengan observasi dan data tentang metode multisensori dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis komparatif yaitu dengan membandingkan hasil rata-rata membaca permulaan anak dengan indikator kinerja pada tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan membaca permulaan anak didik. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata membaca permulaan anak sebelum perlakukan tindakan adalah 35,294%. Setelah dilakukan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran dengan metode multisensori pada siklus I membaca permulaan anak meningkat menjadi 46,429% pada siklus II membaca permulaan anak meningkat menjadi 70,378% dan pada siklus III meningkat menjadi 84,66%. Secara keseluruhan dengan metode multisensori dapat meningkatkan membaca permulaan anak kelompok B2 di Taman Kanak-Kanak PG Tasikmadu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode multisensori, membaca permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 12:31 |
Last Modified: | 20 Sep 2012 12:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20145 |
Actions (login required)
View Item |