Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Klepu Kecamatan Minggir Sleman Yogyakarta Tahun 2011/2012

ROKHAYATI , KADEK SITI (2012) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Klepu Kecamatan Minggir Sleman Yogyakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Hal depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Dapus)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Arti dari manajemen pembelajaran adalah Suatu seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan untuk mewujudkan suatu proses pembelajaran aktif dan kondusif melalui usaha-usaha yang terencana untuk mencapai tujuan pembelajaran. Aspek-aspek manajemen pembelajaran meliputi Perencanaan, proses kegiatan belajar mengajar (KBM), dan evaluasi pembelajaran. SD Muhammadiyah Klepu adalah satuan pendidikan dasar yang menyelenggarakan program enam tahun, berada di bawah organisasi Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Cabang Minggir. Terletak di wilayah kristianisasi Sleman Barat, namun tetap mampu menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan di Minggir. Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Klepu dalam praktiknya banyak menerapkan kebijakankebijakan dari Departemen Agama (Depag). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Klepu, hal apa saja yang menjadi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Guru PAI dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI, dan bagaimana cara mengatasi hambatanhambatan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah dan hambatan apa saja yang terjadi serta tindakan atau cara mengatasi hambatan-hambatan tersebut oleh GPAI. Data-data yang ada dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara semi terstruktur yang kemudian penulis susun dalam tulisan ini. Adapun tehnik analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yang meliputi reduction/merangkum data, data display/penyajian data, dan verification/penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian ini adalah GPAI SD Muhammadiyah Klepu telah melaksanakan manajemen pembelajaran PAI dengan baik. Hal ini terbukti dengan telah ditempuhnya program-program manajemen pembelajaran PAI. Aspek-aspek dari manajemen pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, proses KBM, dan evaluasi telah terlaksana dengan baik. Dalam pelaksanaan manajemen PAI ditemukan beberapa hambatan, di antaranya adalah keterlambatan informasi Dinas, keterbatasan waktu dalam menyusun administrasi pembelajaran, manajemen waktu saat mengajar, dan metode ceramah yang masih mendominasi tiap pembelajaran. Namun hal tersebut tidak banyak mempengaruhi kelancaran pembelajaran. Di antara kelebihan dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah Klepu adalah GPAI memiliki kemampuan yang mumpuni dalam pengelolaan kelas serta memiliki inisiatif dalam menghadapi permasalahan yang menghambat pelaksanaan manajemen pembelajaran PAI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:08
Last Modified: 19 Sep 2012 12:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20093

Actions (login required)

View Item View Item