Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari)

RUHANI, ANNA WAHYU (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal. Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (541kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (306kB)

Abstract

Kemampuan sosial emosi anak perlu ditingkatkan, terutama adalah sikap toleransi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersikap toleransi melalui metode Bermain Peran. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas disebut juga Classroom Action Research ( CAR ). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, Andong, Boyolali tahun ajaran 2012 /2013, dan obyek penelitian ini adalah kemampuan bersikap toleransi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan dengan teknik diskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bersikap toleransi. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil kemampuan bersikap toleransi anak sebelum tindakan adalah 40,86%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I hasil kemampuan bersikap toleansi anak meningkat menjadi 50,25% pada siklus II hasil kemampuan bersikap toleransi anak meningkat menjadi 70% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,25%. Secara keseluruhan dengan penerapan metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bersikap toleransi anak didik di kelompok B Taman Kanak-kanak Batik Magersari, Mojo, kecamatan Andong, kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012 / 2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bersikap Toleransi, Metode Bermain Peran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:01
Last Modified: 19 Sep 2012 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20092

Actions (login required)

View Item View Item