SUNARSI, SUNARSI (2012) Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah 3 Mojo Andong Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (601kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Sunarsi, A53C090023 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012, 64 halaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 3 Mojo, Andong, Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan kepala sekolah. Subjek penelitian berjumlah 20 anak. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data komparatif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi. Hasil penelitian menggunakan adanya peningkatan kemandirian anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Mojo, Andong, Boyolali Tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat terlihat dari rata-rata kemandirian anak prasiklus 45%, siklus I 56,25%, Siklus II 70,625 %, siklus III 80,61%. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa dengan mengimplementasi metode demonstrasi dapat meningkatkan kemandirian anak kelompok B TK Aisyiyah 3 Mojo, Andong, Boyolali tahun Pelajaran 2012/2013 terbukti dan dapat diterima kebenaranya. Oleh karena itu, para guru dan praktisi pendidikan anak usia dini sebaiknya mengajarkan kemandirian anak dengan metode yang sesuai dengan perkembangannya agar kelak menjadi generasi yang mandiri dan siap menghadapi masa depan
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode demonstrasi, meningkatkan kemandirian anak, Taman kanak-kanak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 10:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2012 10:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20085 |
Actions (login required)
View Item |