Wartinem, Wartinem (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN Kebon Gulo Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (431kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (353kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas I SDN Kebon Gulo Musuk semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan datanya meliputi butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas I SDN Kebon Gulo Musuk tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditandai dengan: (1) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek intonasi sebesar 10 orang (78,95 %) pada pra siklus, 12 orang (63,16 %) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II, (2) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek suara nyaring sebesar 13 orang (68,42 %) pada pra siklus, 19 orang (100 %) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II, dan (3) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek ekspresi wajah sebesar 11 orang (57,89) pada pra siklus, 17 orang (89,47) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi yang menyenangkan dan menarik minat siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, membaca puisi, metode demonstrasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 05:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2012 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20067 |
Actions (login required)
View Item |