Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN Kebon Gulo Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013

Wartinem, Wartinem (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I SDN Kebon Gulo Musuk Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas I SDN Kebon Gulo Musuk semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan yaitu pada Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan datanya meliputi butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas I SDN Kebon Gulo Musuk tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditandai dengan: (1) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek intonasi sebesar 10 orang (78,95 %) pada pra siklus, 12 orang (63,16 %) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II, (2) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek suara nyaring sebesar 13 orang (68,42 %) pada pra siklus, 19 orang (100 %) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II, dan (3) Ketuntasan hasil tes praktik membaca puisi pada aspek ekspresi wajah sebesar 11 orang (57,89) pada pra siklus, 17 orang (89,47) pada siklus I, dan 19 orang (100%) pada siklus II. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi yang menyenangkan dan menarik minat siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, membaca puisi, metode demonstrasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Sep 2012 05:37
Last Modified: 19 Sep 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20067

Actions (login required)

View Item View Item