Nuraini, Ari Wimbo (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Uang Melalui Pendekatan Realistik Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Simo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf Download (422kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (313kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada bidang studi matematika ,dan 2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Simo Boyolali yang berjumlah15 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara,catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini secara deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan : 1) pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, yang meliputi a) keaktifan dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,33% (2 siswa), pada putaran I sebesar 26,67% (4 siswa),pada putaran II sebesar 53,33% (8 siswa), putaran III sebesar 66,67% (10siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 86,67% (13 siswa), b) keaktifan mengemukakan pendapat sebelum dilakukan tindakan sebesar 20% (3 siswa), pada putaran I sebesar 40% (6 siswa), putaran II sebesar 53,33% (8 siswa), putaran III 66,67% (10 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80% (13 siswa), c) Keaktifan mengerjakan tugas sebelum dilakukan tindakan sebesar 33,33% (5 siswa), pada putaran I sebesar 53,33% (8 siswa), putaran II sebesar 66,67% (10 siswa), putaran III sebesarn73,33% (11 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan sebesar 93,33% (14 siswa), d) Keaktifan mengerjakan tugas di papan tulis sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67% (4 siswa), pada putaran I sebesar 40% (6 siswa), putaran II sebesar 60% (9 siswa), putaran III sebesar 73,33% (11 siswa) dan di akhir pelaksanaan tindakan mencapai 86,67% (13 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tersebut pendekatan realistik matematika dapat digunakan guru sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam peningkatan keaktifan siswa dalam belajar dengan harapan dapat meningkatkan prestasi belajar
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, pendekatan realistik matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 05:06 |
Last Modified: | 19 Sep 2012 05:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20066 |
Actions (login required)
View Item |