Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akhlak Terpuji Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Ngadirojo Kecamatan Ampel Boyolali Tahun 2012

Afif, Muh. Nur (2012) Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akhlak Terpuji Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Ngadirojo Kecamatan Ampel Boyolali Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (148kB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui Strategi Index Card Match pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Ngadirojo Ampel tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2011/2013 selama 4 bulan, yakni mulai bulan Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian dipaparkan sebagai Strategi Index Card Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Ngadirojo Ampel Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebagai berikut : Pada pra tindakan motivasi belajar Akhlaq Terpuji sangat rendah yaitu rata-rata hanya 1,2, pada siklus I siswa lebih antusias dan semangat dalam belajar sehingga motivasinya naik rata-rata 1,9, dan pada siklus II antusiasme serta semangat belajar siswa naik sangat siknifikan dengan rata-rata 2,5. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama bagi guru pengampu mata pelajaran Aqidah Akhlaq terutama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Strategi Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Sep 2012 11:43
Last Modified: 18 Sep 2012 12:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20057

Actions (login required)

View Item View Item