Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan APBD (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Klaten Jawa Tengah)

Panuntun, Amin Bagus (2012) Pengaruh Partisipasi Masyarakat Dan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan APBD (Studi Empiris pada DPRD Kabupaten Klaten Jawa Tengah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi masyarakat dan pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa peran individu ataupun kelompok akan berpengaruh terhadap perilaku individu terhadap aktivitas politiknya. Dalam hal ini keikutsertaan masyarakat untuk berpartisipasi sekaligus pengetahuan dewan tentang anggaran yang baik akan mampu mempengar uhi pengawasan anggota dewan sekaligus pemerintahan yang sehat. Sehingga terwujud pengangggaran yang efektif, efisien dan ekonomis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan sampel jenuh, yaitu seluruh anggota dewan Kabupaten Klaten periode 2009-2014. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data untuk pengujian hipotesis berupa Uji t, uji F dan uji R 2 beserta dilakukan uji kebaikan model sekaligus asumsi klasik terlebih dahulu dengan menggunakan program SPSS 16.0. Dalam uji validitas dan realibilitas menunjukkan bahwa semua item valid dan reliabel. Dalam uji asumsi klasik yaitu uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sekaligus terbebas dari multikolinieritas dan heterokedastisitas. Sehingga data baik dan tidak bias. Sedangkan hasil pengujian pertama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap pengawasan APBD, ditunjukkan dengan t hitung 3,138 lebih besar dari ttabel 2,009. Hasil pengujian kedua menunjukkan bahwa pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh signifikan terhadap pengawasan APBD, ditunjukkan dengan bahwa t hitung 3,003 lebih besar dari t tabel 2,009.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan APBD, pengetahuan dewan tentang anggaran, partisipasi masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:26
Last Modified: 18 Sep 2012 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20026

Actions (login required)

View Item View Item