Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Sub Bagian Keuangan Pada Dinas Pemerintah Kabupaten Karanganyar

Mularni, Dwi (2012) Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran Terhadap Motivasi, Komitmen Organisasi Dan Kinerja Pegawai Sub Bagian Keuangan Pada Dinas Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_Publikasi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik tujuan anggaran terhadap motivasi, komitmen organisasi dan kinerja pegawai sub bagian keuangan pada Dinas Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat memberikan masukan-masukan atau informasi bagi pegawai Sub Bagian Keuangan pada Dinas Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam usaha meningkatkan dan mengembangkan motivasi, komitmen organisasi dan kinerja pegawai sub bagian keuangan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian survey dengan populasi pegawai Sub Bagian Keuangan pada Dinas Pemerintah Kabupaten Karanganyar, dan total sampel 70 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengujian linier berganda dilakukan dengan menggunakan alat bantu uji statistik SPSS versi 11. Variabel independen dalam penelitian ini adalah partisipasi anggaran, kejelasan anggaran, umpan balik anggaran, evaluasi anggaran dan kesulitan tujuan anggaran. Sedangkan variabel dependennya adalah Motivasi (Y1), Komitmen Organisasi (Y2), dan Kinerja (Y3). Penelitian ini melakukan uji hipotesis menggunakan metode uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variable karakteristik tujuan anggaran yang berpengaruh terhadap motivasi adalah umpan balik anggaran dan evaluasi anggaran sehingga yang tidak berpengaruh yaitu partisipasi anggaran, kejelasan anggaran dan kesulitan anggaran. Untuk variabel karakteristik tujuan anggaran yang berpengaruh terhadap komitmen organisasi adalah partisipasi anggaran, umpan balik anggaran, evaluasi anggaran, dan kesulitan anggaran sehingga yang tidak berpengaruh yaitu kejelasan anggaran. Dan untuk variabel karakteristik tujuan anggaran yang berpengaruh terhadap kinerja pegawai adalah kejelasan anggaran sehingga yang tidak berpengaruh yaitu partisipasi anggaran, umpan balik anggaran, evaluasi anggaran, dan kesulitan anggaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Tujuan Anggaran, Motivasi, Komitmen Organisasi dan Kinerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2012 11:47
Last Modified: 17 Sep 2012 11:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/20000

Actions (login required)

View Item View Item