Fahrudin, Fahrudin (2012) Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pendekatan Realistik Pada Aritmatika Sosial Kelas III SD Muhammadiyah Simo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (715kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (268kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
|
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
|
PDF (NAskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (366kB) |
Abstract
Tujuan diadakan penelitiaan ini adalah 1) untuk mengetahui keakifan siswa pada saat pembelajaran aritmatika sosial yang dilakukan di dalam kelas. 2) untuk mengetahui hasil belajar aritmatika siswa melalui pendekatan realistik 3untuk mengetahui ketrampila sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran yang dicapai pada PTK ini adalah keaktifan siswa pada saat metode pendekataan relistik ini diterapkan di dalam kelas. Model PTK ini menggunakan siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planing) tindakan (action) pengamatan (observasi), dan menganalisis serta mengevaluasi (reflection). Penelitiaan ini dilakukan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Simo yang siswanya berjumlah 15 siswa. Metode data pada penelitiaan ini menggunakan metode (observasion metode), menulis, pengarsipan, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah memilah data, menunjukan data dan mengambil kesimpulan atau memberikan bukti. Berdasarkan hasil penelitiaan hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa PTK pada siklus pertama menunjukan adanya peningkatan ketifan belajar siswa pada pengenalan nilai mata uang sampai 10.000 rupiah, mencapai 75% rata-rata mencapai dan 81,25 pada pertemuaan ke 2 sehingga hasil keaktifan belajar pada siklus I mencapai 78,13%. Hasil ini adalah target minimal yang harus dicapai.nilai rata rata hasil belajar 94.03 pada pertemuaa 1. pada materi ajar menulis nilai mata uang serta menghitung nilai mata uang keaktifan siswa mencapai 78,13% atau sekitar 33,13% pada petemuaan 1. Pada siklus ke 2 hasil keaktifan belajar siswa pada pertmuan 1 mencapai 96,63 dan pada pertemuan kedua mencapai 100%, berdasarkan hasil obserfasi keaktifan siswa belajar pada siklus 2 rata-rata mencapai 98,23 % Proses keaktifan belajar siswa meningkat sekitar 53,23% menjadi 98,23% dan hasil belajar meningkat sekitar 56,75% pada materi menghitung kembalian uang serta menyelesaikan soal cerita pada siklus 2. kesimpulanya keaktifan belajar siswa meningkat melalui pendekatan realistik menggunakan uang sebagai media serta metode sosiodrama pada pembelajaran matematika pada konsep uang di kelas III SD Muhammadiyah Simo tahun ajara 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan siswa, pendekatan realistik, aritmatika sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 11:58 |
Last Modified: | 17 Sep 2012 11:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19999 |
Actions (login required)
View Item |