Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 1 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Ruwiyantini, Ruwiyantini (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah 1 Pandeyan Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (523kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa lisan anak usia dini perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak usia dini adalah melalui metode bercerita dengan panggung boneka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kosa kata berbahasa lisan melalui bercerita dengan panggung boneka bagi anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Pandeyan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B di TK Aisyiyah 1 Pandeyan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. data dikumpulkan melalui observasi., catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kosa kata berbahasa lisan anak melalui pembelajaran bercerita dengan panggung boneka pada anak usia dini. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berbahasa lisan anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 45%, siklus I mencapai 70%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 80%. Oleh karena itu metode bercerita dengan panggung boneka merupakan pembelajaran yang efektif dalam kemampuan berbahasa lisan anak usia dini. Pembelajaran berbahasa lisan melalui metode bercerita dengan panggung boneka ini juga didukung oleh metode lain yaitu pemberian tugas dan permainan. Metode ini mempunyai peranan yang cukup penting dalam menigkatkan kemampuan berbahasa lisan anak karena dapat membantu meminimalkan permasalahan yang dihadapi pada saat pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran berbahasa lisan melalui metode bercerita dengan panggung boneka dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan bagi anak usia dini

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan berbahasa lisan, bercerita dengan panggung boneka, kosa kata anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Sep 2012 09:11
Last Modified: 17 Sep 2012 09:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item