Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Melalui Metode Bercerita Di TK Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011–2012

Sujarwanti, Anik (2012) Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Melalui Metode Bercerita Di TK Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011–2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang disebut juga dengan Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Data kemampuan berbicara anak dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data kemampuan berbicara dianalisis dengan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan rata-rata capaian anak dengan indikator kinerja, sedangkan data penerapan bercerita menggunakan teknik analisis interaktif yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan untuk dapat melanjutkan kepenelitian selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Jatirejo Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2011-2012. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase dari prasiklus sampai dengan siklus II, yaitu prasiklus kemampuan berbicara anak mencapai 39%, siklus I mencapai 66%, dan siklus II mencapai 85%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Berbicara, Metode Bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Sep 2012 06:25
Last Modified: 17 Sep 2012 08:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item