Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Pilang Ii Tahun Pelajaran 2011/2012.

WULANDARI, HEPI (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama Melalui Bermain Peran Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Pilang Ii Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama melalui bermain peran. Penelitian dilakukan pada Kelompok B TK Pertiwi II Pilang tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) pada setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting)”. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data peningkatan kemampuan bekerja sama dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru TK Pertiwi II Pilang Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bekerja sama anak melalui bermain peran. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 45,06%. Setelah dilakukan tindakan dengan bermain peran, kemampuan bekerja sama anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I 64,26% dan siklus II 78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bekerja sama pada kelompok B di TK Pertiwi II Pilang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan bekerja sama, bermain peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 14 Sep 2012 11:44
Last Modified: 13 Sep 2013 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19967

Actions (login required)

View Item View Item