Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 (Studi Kasus Pada Konsumen Kartu IM3 Wilayah Surakarta)

Haryanto , Denny (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Desain Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Im3 (Studi Kasus Pada Konsumen Kartu IM3 Wilayah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
DEPAN.pdf

Download (701kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi persaingan bisnis dibidang industri telekomunikasi yang semakin ketat dari waktu ke waktu, yang membuat perusahaan telekomunikasi berlomba-lomba untuk membuat strategi-strategi pemasaran yang baru yang bertujuan untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih baik lagi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini adalah “ apakah faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 di wilayah Surakarta”. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan terhadap produk IM3 khususnya pada masyarakat di wilayah Surakarta yang menggunakan IM3. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel, kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2), desain produk (X3), dan harga (X4) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 orang responden pengguna produk IM3 di wilayah Surakarta dengan menggunakan metode Accidental Sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Lalu dilakukan pengujian analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,249X1 + 0,141X2 + 0,175X3 + 0,254X4 Hasil analisis mendapatkan bahwa keempat faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa empat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas pelanggan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, dan harga berpengaruh signifikan secara bersama-sama dalam loyalitas pelanggan. Angka Adjusted R Square sebesar 0,478 menunjukan bahwa 47,8 persen variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 52,2 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 14 Sep 2012 06:42
Last Modified: 14 Sep 2012 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item View Item