Penanganan Anak Disleksia Usia 5- 6 Tahun Dengan Metode Fernald Di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012

Putri, Joan Winstia Lennova (2012) Penanganan Anak Disleksia Usia 5- 6 Tahun Dengan Metode Fernald Di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (298kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (285kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak Disleksia dengan Metode Fernald yang menangani anak disleksia dengan cara visual, auditory, taktil, dan kinestetik. Penelitian dilakukan pada anak di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5- 6 tahun kelompok B TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 2 anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode dari Fernald anak- anak yang kesulitan membaca dapat sedikit berkurang karena dengan melalui cara belajar membaca menggunakan visual, auditory, taktil, dan kinestetik. Sebelum dilakukan pembelajaran membaca anak diberikan motivasi untuk memberikan semangat dalam pembelajaran membaca agar anak mampu berkonsentrasi tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan terapi dengan metode fernald, kemampuan berkonsentrasi anak menunjukkan peningkatan yakni anak mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran membaca. Kesimpulan dari penelitian ini adalah cara belajar dengan menggunakan metode fernald dapat mengatasi anak disleksia di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disleksia, terapi metode fernald
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 09:40
Last Modified: 13 Sep 2012 09:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item View Item