Putri, Joan Winstia Lennova (2012) Penanganan Anak Disleksia Usia 5- 6 Tahun Dengan Metode Fernald Di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (14MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (298kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (45MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak Disleksia dengan Metode Fernald yang menangani anak disleksia dengan cara visual, auditory, taktil, dan kinestetik. Penelitian dilakukan pada anak di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5- 6 tahun kelompok B TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 2 anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode dari Fernald anak- anak yang kesulitan membaca dapat sedikit berkurang karena dengan melalui cara belajar membaca menggunakan visual, auditory, taktil, dan kinestetik. Sebelum dilakukan pembelajaran membaca anak diberikan motivasi untuk memberikan semangat dalam pembelajaran membaca agar anak mampu berkonsentrasi tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan terapi dengan metode fernald, kemampuan berkonsentrasi anak menunjukkan peningkatan yakni anak mampu berkonsentrasi dalam pembelajaran membaca. Kesimpulan dari penelitian ini adalah cara belajar dengan menggunakan metode fernald dapat mengatasi anak disleksia di TK Pertiwi 1 Gawan, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disleksia, terapi metode fernald |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 09:40 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 09:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19937 |
Actions (login required)
View Item |