Devi, Exma Oskar Riana (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Jigsaw Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Iii Mojorejo Sawahan Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN )
03._Halaman_Depan.pdf Download (280kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (103kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA )
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (54kB) |
|
PDF (LAMPIRAN )
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02._Naskah_publikasi.pdf Download (421kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial anak TK Kelompok B di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan Boyolali melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw. Subyek Penelitian berjumlah 20 anak yaitu jumlah anak laki-laki 13 anak dan perempuan 7 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang kemampuan sosial anak, wawancara dilakukan dengan guru kelas kelompok B untuk mengetahui metode apa yang digunakan dalam pembelajaran kemampuan sosial di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan, sedangkan dokumentasi digunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran kemampuan sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang kemampuan sosial anak melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw diperoleh hasil pada prasiklus 41,94%, siklus I 60,83%, siklus II 83,05%. Dengan demikian upaya meningkatkan kemampuan sosial melalui pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw pada kelompok B di TK Pertiwi III Mojorejo Sawahan Boyolali tahun ajaran 2011/ 2012 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 75% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 83,05%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosial, Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 09:05 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 09:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19935 |
Actions (login required)
View Item |