Peran Bimbingan Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Kelompok B Tk Al Masithoh Gemantar Mondokan Sragen Tahun 2011

Heriyanti, Heriyanti (2012) Peran Bimbingan Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Kelompok B Tk Al Masithoh Gemantar Mondokan Sragen Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (101kB)

Abstract

Heriyanti (A 520080039), Peran Bimbingan Guru Dalam Penanaman Nilai – Nilai Keagamaan Pada Siswa TK Al Masithoh Kelompok B GemantarMondokan Sragen, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012, 91 Halaman. Penanaman nilai – nilai pada anak perlu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus tepat dan benar. Salah satu cara untuk meningkatkan penanaman nilai – nilai agama adalah melalui praktek wudhu, praktek sholat, berdoa, bergaul dengan teman dan hormat kepada kedua orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penanaman nilai – nilai agama anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK Al Masithoh Gemantar Mondokan Sragen, Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Al Masithoh Gemantar Mondokan Sragen adalah 30 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, Kepala Sekolah, dan Guru kelas serta pendamping. Data ini dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan korelasi. Data analisis secara empirik kuantitatif model alur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan penanaman nilai – nilai keagamaan pada anak melalui praktek wudhu, praktek sholat, berdoa, bergaul dengan teman dan hormat kepada kedua orang tua, yakni penanaman nilai – nilai agama pada anak untuk analisis pertama telah diperoleh hasil 74 % sampai 79 %, untuk analisis lanjut telah diperoleh hasil 95 % sampai 99 %. Untuk meningkatkan nilai – nilai agama pada anak melalui praktek wudhu, praktek sholat, berdoa, bergaul dengan teman dan hormat kepada kedua orang tua, juga didukung oleh beberapa indikator tersebut diatas, mengingat ide atau gagasan penanaman nilai – nilai agama pada anak adalah suatu pengembangan imajinasi dan penambahan kosa kata baru. Selain itu keberhasilan dalam penanaman nilai – nilai agama pada anak juga didukung oleh metode pendukung diantaranya adalah pemberian waktu untuk bereksplorasi dan pemberian motifasi berupa very good. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penanaman nilai – nilai agama dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Bimbingan dan Penanaman Nilai – Nilai Keagamaan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2012 08:10
Last Modified: 13 Sep 2012 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19925

Actions (login required)

View Item View Item