Rahayu, Dewi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Bercakap – Cakap Pada Kelompok B Di Ra Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (492kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03.__BAB_1.pdf Download (45kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
PDF (BAB IV)
06._BAB_VI.pdf Download (112kB) |
|
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (479kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode bercakap-cakap pada kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 20 anak. Data variabel kemampuan berkomunikasi dan data pelaksanaan bercakap-cakap. Data kemampuan berkomunikasi dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan sedangkan data pelaksanaan bercakap-cakap dikumpulkan melalui observasi yang berupa checklist. Data kemampuan berkomunikasi dianalisis menggunakan analisis komparatif dan data pelaksanaan bercakap-cakap dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kemampuan berkomunikasi dari prasiklus sampai dengan siklus III, yakni rata-rata kemampuan berkomunikasi anak pada prasiklus 45,04%, pada siklus I mencapai 55,08%, pada siklus II mencapai 65%, dan pada siklus III mencapai 75,12%. Dengan demikian metode bercakap-cakap dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak kelompok B di RA Nurul Hikmah Ringinharjo Sragen Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berkomunikasi, Metode Bercakap-cakap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Sep 2012 07:36 |
Last Modified: | 13 Sep 2012 07:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19923 |
Actions (login required)
View Item |