Upaya Menigkatkan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Simpai (Hulahop) Pada Anak TK B Di Kbi-Ra Taqiyya Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Nugrahaeni, Aprilia Dwi (2012) Upaya Menigkatkan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Simpai (Hulahop) Pada Anak TK B Di Kbi-Ra Taqiyya Kartasura, Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (883kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan simpai (hulahop). Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari "perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data, refleksi (reflecting)". Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak dan guru KBI-RA Taqiyya Kartasura. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan simpai (hulahop). Pada siklus I peningkatan mencapai 8,57% dan diperoleh rata-rata penilaian anak dalam pembelajaran kemampuan fisik motorik anak sebesar 59,42%, pada siklus II peningkatan mencapai 25,15% dan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 84,57%. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata-rata hasil pembelajaran kemampuan fisik motorik anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 50,85%, Siklus I mencapai 59,42%, siklis II mencapai 84,57%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan simpai (hulahop) dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik anak kelompok B di KBI-RA Taqiyya Kartasura

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fisik Motorik, Permainan Simpai (hulahop)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 06:30
Last Modified: 13 Sep 2012 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19918

Actions (login required)

View Item View Item