Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Media Pembelajaran Animasi Adobe Flash Pada Siswa Kelas IV SD N 03 Malanggaten,Kebakkramat, Karanganyar

Prastowo, Angga Deni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Media Pembelajaran Animasi Adobe Flash Pada Siswa Kelas IV SD N 03 Malanggaten,Kebakkramat, Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_publikasi,.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui media animasi Adobe Flash pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan cara kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai pengamat yang membantu perencanaan pelaksanaan tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Malanggaten Kebakkramat. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus dua kal i pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan rata-rata nilai prasiklus 53,16 dengan ketuntatasan belajar yang diperoleh 21,05%, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 64,74 dengan ketuntasan belajar 42,10 %, dan pada siklus II ratarata nilai yang diperoleh 77,9 dengan ketuntasan belajar 100 %. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media animasi Adobe Flash dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemahaman, animasi adobe flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 13 Sep 2012 04:44
Last Modified: 13 Sep 2012 04:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19915

Actions (login required)

View Item View Item