Ningsih, Narulita Kusuma (2012) Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ipa Melalui Metode Pembelajaran Course Review Horey Pada Siswa Kelas V SD Negeri II Manjung Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (754kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (887kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas pembelajaran IPA melalui penerapan metode Course Review Horey pada siswa kelas V SD Negeri II Manjung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri II Manjung Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Jumlah siswa kelas V adalah 16 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur, melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) Adanya peningkatan siswa yang aktif dalam mengajukan pertanyaan dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang mengajukan pertanyaan sebanyak 2 siswa (12,5%) dan setelah tindakan siswa yang aktif mengajukan pertanyaan meningkat menjadi 13 siswa (81,25%). (2) Adanya peningkatan siswa yang aktif menjawab pertanyaan teman. Sebelum tindakan tercatat siswa yang aktif menjawab pertanyaan teman sebanyak 4 siswa (25%) dan setelah tindakan siswa yang aktif menjawab pertanyaan teman meningkat menjadi 12 siswa (75%). (3) Adanya peningkatan siswa yang aktif dalam mengemukakan ide atau pendapat dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang aktif dalam mengemukakan ide atau pendapat sebanyak 3 siswa (18,75%) dan setelah tindakan siswa yang aktif dalam mengemukakan ide atau pendapat meningkat menjadi 14 siswa (87,5%). (4) Adanya peningkatan siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan guru dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan guru sebanyak 3 siswa (18,75%) dan setelah tindakan siswa yang aktif dalam menjawab pertanyaan meningkat menjadi 12 siswa (75%). (5) Adanya peningkatan siswa yang aktif dalam menyanggah atau menyetujui ide teman dapat dilihat dari data hasil tindakan kelas. Sebelum tindakan tercatat siswa yang aktif dalam menyanggah atau menyetujui ide teman sebanyak 4 siswa (25%) dan setelah tindakan siswa yang aktif dalam menyanggah atau menyetujui ide teman meningkat menjadi 15 siswa (93,75%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas pembelajaran, pembelajaran aktif, course review horey |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 11:00 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 12:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19901 |
Actions (login required)
View Item |