Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn) Melalui Metode Cuorse Review Horay Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sembung Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Triyani, Endah (2012) Peningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn) Melalui Metode Cuorse Review Horay Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sembung Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (734kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (393kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui metode pembelajaran Cuorse Review Horay pada siswa kelas IV SD N 2 Sembung Tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek peneliti adalah guru dan siswa kelas IV SD N 2 Sembung. Hasil penelitian sebelum di laksanakan siklus diperoleh hasil sebesar 50,00% (8 siswa) mendapat nilai ≥ 60 (KKM) dari 16 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I aspek kognitif meningkat menjadi 75,00% (12 siswa) dari 16 siswa, sedangkan pada aspek afektif sebesar 87,50% (14 siswa) menunjukan kesiapan dalam menerima pelajaran, 75,00% (12 siswa) menunjukan kedisiplinan dalam proses pembelajaran, 50,00% (6 siswa) menunjukan keaktifan dalam bertanya, 35,50% (6 siswa) menunjukan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, 25,00% (4 siswa) menunjukan keaktifan berpendapat dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan siklus II aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 75,00% dari siklus I menjadi 100% (16 siswa) dari 16 siswa, sedangkan pada aspek afektif sebesar 100% (16 siswa) menunjukan kesiapan dalam menerima pembelajaran, 100% (16siswa) menunjukan kedisiplinan dalam proses pembelajaran, 87,50% (14 siswa) menunjukan keaktifan dalam bertanya, 87,50% (14 siswa) menunjukan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, 60,25% (10 siswa) menunjukan keaktifan berpendapat dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran Cuorse ReviewHoray dapat meningkatkan hasil belajar (PKn) kelas IV SD N 2 Sembung tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Cuorse Review Horay, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 10:03
Last Modified: 12 Sep 2012 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item View Item