WINTORO, RENDI ASTRI (2012) Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sambiroto 02 Tayu Pati Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media video dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto 02 Tayu Pati Tahun Pelajaran 2011/2012?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar IPA dengan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan media video pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto 02 Tayu. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Sambiroto 02 yang berjumlah 14 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar IPA sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata 65,00 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 42,85%, pada siklus I nilai ratarata yang diperoleh 75,00 dengan ketuntasan belajar 71,43%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 81,42 dengan ketuntasan belajar 85,71%. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan video dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, metode demonstrasi, media video. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 09:40 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 10:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19887 |
Actions (login required)
View Item |