Peningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Metode Quiz Team Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV SD Negeri Tambakreja 01 Cilacap Ajaran 2011/2012

Purnomo, Asep (2012) Peningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Metode Quiz Team Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV SD Negeri Tambakreja 01 Cilacap Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._Bab_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (635kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah karena rendahnya keaktifan belajar siswa kelas IV dala pembelajaran IPA SD Negeri Tambakreja 01 Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar IPA melalui metode quiz team pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Tambakreja Cilacap tahun ajaran 2011/2012. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tambakreja 01 Cilacap yang berjumlah 24 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakaan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan satu kali pertemuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar yang di ikuti dengan peningkatan hasil belajar IPA melalui metode Quiz Team. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar kelas IV SD Negeri 01 Tambakreja Cilacap. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase keaktifan sebelum tindakan 23,5% setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 43,7% dan siklus II adalah 75,3%. Siswa yang mencapai daya serap ≥75 sebelum tindakan 12,5% setelah tindakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 75% dan siklus II adalah 87,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: eaktifan, metode quiz team
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 09:25
Last Modified: 12 Sep 2012 09:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19884

Actions (login required)

View Item View Item