Kristiyanto, Andi (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kababupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (804kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air peristiwa alam dan dampaknya melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian guru dan siswa. Sumber data yang digunakan yaitu: siswa, guru, Kepala Sekolah, arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata kelas 77,5 pada putaran I, dengan persentase ketuntasan belajar 73,3%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa. Kemudian terjadi peningkatan menjadi yang signifikan terlihat pada nilai rata-rata kelas 82,7 pada putaran II, dengan persentase ketuntasan belajar 86,7%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 08:10 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 08:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19883 |
Actions (login required)
View Item |