Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kababupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Kristiyanto, Andi (2012) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kababupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air peristiwa alam dan dampaknya melalui model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian guru dan siswa. Sumber data yang digunakan yaitu: siswa, guru, Kepala Sekolah, arsip / dokumen hasil pengamatan, tes hasil belajar, dan foto. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan (observasi), dokumentasi, dan tes. Data yang dikumpulkan untuk dianalisis dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata kelas 77,5 pada putaran I, dengan persentase ketuntasan belajar 73,3%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 22 siswa. Kemudian terjadi peningkatan menjadi yang signifikan terlihat pada nilai rata-rata kelas 82,7 pada putaran II, dengan persentase ketuntasan belajar 86,7%, siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi daur air peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V SD Negeri 01 Bangsri Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 08:10
Last Modified: 12 Sep 2012 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19883

Actions (login required)

View Item View Item