Triyanto, Triyanto (2012) Penerapan Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Jatisari, Sambi, Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (462kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 siswa. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 60 % dan setelah dilakukan tindakan sebesar 77,78% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 100% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi pembelajaran toys dan trick pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi gaya dan gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | toys dan trick, pembelajaran Bahasa Indonesia, Pantun dan Naskah pengumuman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 07:40 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 07:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19882 |
Actions (login required)
View Item |