Penerapan Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Jatisari, Sambi, Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012

Triyanto, Triyanto (2012) Penerapan Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 02 Jatisari, Sambi, Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 siswa. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 60 % dan setelah dilakukan tindakan sebesar 77,78% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 100% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah Strategi pembelajaran toys dan trick pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi gaya dan gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatisari tahun pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: toys dan trick, pembelajaran Bahasa Indonesia, Pantun dan Naskah pengumuman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 07:40
Last Modified: 12 Sep 2012 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19882

Actions (login required)

View Item View Item