Pengaruh Pemanfaatan Jam Belajar Di Luar Sekolah Dan Pendampingan Belajar Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

Narindra, Primtin (2012) Pengaruh Pemanfaatan Jam Belajar Di Luar Sekolah Dan Pendampingan Belajar Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (248kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh pemanfaatan jam belajar di luar sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. 2) Pengaruh pendampingan belajar orang tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. 3) Pengaruh pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten boyolali Tahun 2011-2012. Sampel diambil sebanyak 87 siswa. Data diperoleh dengan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Data hasil anaslisis persamaan regresi diperoleh data sebagai berikut Y = 54,713 + 0,361X1 + 0,425X2 berdasarkan persamaan tersebut terlihat bahwa pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,896 > 2,000 dan signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 25,02%. Pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,912 > 2,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 33,58%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 13,457 > 3,150 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Kesimpulan yang diambil adalah: Pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Dabin I Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2011/ 2012,dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan jam belajar di luar sekolah dan pendampingan belajar orang tua dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 07:28
Last Modified: 12 Sep 2012 07:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19881

Actions (login required)

View Item View Item