Wuriyanti, Niken (2012) Optimalisasi Peran Orang Tua Dalam Pengerjaan Tugas Rumah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (487kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._NIKEN_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
||
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf Download (302kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 04 Kuto Tahun Pelajaran 2010/2011 melalui peran serta orang tua siswa dalam pengerjaan tugas rumah. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kasus di SD Negeri 04 Kuto. Subyek penelitian adalah siswa kelas III di SD Negeri 04 Kuto Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase dari kepedulian orang tua siswa kelas III di SD Negeri 04 Kuto dalam pengerjaan tugas rumah tinggi dan intensitas belajar anak tinggi, sedangkan dalam pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana belajar menunjukkan kepedulian yang kurang. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data yang menunjukkan bahwa 34 % dari 20 siswa sebagai responden menjawab intensitas kepedulian yang tinggi, 28% dari 20 responden menjawab bentuk perhatian orang tua dalam pemenuhan sarana pembelajaran dalam kategori sedang dan sisanya 38% dari 20 responden ini, menyatakan tingkat kesadaran rendah dalam pemenuhan sarana dan prasarana belajar anak. Dengan demikian pertanyaan penelitian yang dirumuskan tidak dapat terjawab sepenuhnya, yakni upaya pemenuhan sarana pembelajaran siswa kurang diperhatikan oleh orang tua siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran orang tua, tugas rumah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 07:24 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 07:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19880 |
Actions (login required)
View Item |