Peningkatkan Pemahaman Nilai – Nilai Moral Melalui Strategi Picture And Picture Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD Negeri 02 Rejosari, Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Feronika, Anita (2012) Peningkatkan Pemahaman Nilai – Nilai Moral Melalui Strategi Picture And Picture Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD Negeri 02 Rejosari, Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (716kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (126kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman nilai – nilai moral (karakter tokoh wayang punakawan) kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kleas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Kabupaten Karanganyar. Peenlitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Dari tindakan siklus I samapi siklus II terjadi peningkatan pemahaman nilai – nilai moral (karakter tokoh wayang punakawan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, wawancara, dan jurnal. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa sebesar 53,67% (10 siswa) mendapat nilai ≥70 (KKM) dari 18 siswa. Dalam pelaksanaan siklus I meningkat menjadi 76,67% (13 siswa) dari 18 siswa. Pada pelaksanaan siklus II mengalami peningkatan sebesar 33% dari siklus I menjadi 89,93% (17 siswa) dari 18 siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan meningkatkan pemahaman nilai – nilai moral (karakter tokoh wayang punakawan) siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Rejosari Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Picture and Picture, meningkatkan pemahaman nilai – nilai moral (karakter tokoh wayang punakawan).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 06:56
Last Modified: 12 Sep 2012 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19878

Actions (login required)

View Item View Item