Peningkatan Hasil Belajar PKN Dengan Pembelajaran Kuis Tim Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2011/2012

Mulyani, Endang Sri (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKN Dengan Pembelajaran Kuis Tim Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (664kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (586kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan metode Kuis Tim pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatipuro kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Jatipuro kecamatan Jatipuro kabupaten Karanganyar dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi,observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada Pada pra siklus diketahui bahwa dari 30 siswa yang mencapai ketuntasan dari indikator KKM sebanyak 13 siswa atau 43% dan yang belum tuntas sebanyak 17 siswa 57 %. Pada siklus I dari 30 anak yang telah tuntas 17 anak atau 57 % dan pada siklus II dari 30 siswa yang telah tuntas 25 siswa atau 83 %, sedangkan sisanya adalah 5 siswa atau 17 % dan pada siklus III telah mencapai ketuntasan 30 siswa atau 100% Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab, bahwa melalui penggunaan metode Kuis Tim dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 01 Jatipuro kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kuis tim
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 12 Sep 2012 06:59
Last Modified: 12 Sep 2012 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19877

Actions (login required)

View Item View Item