Rahmawati, Novia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Guided Inquiry-Discovery Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Karangayar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (711kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTKEL.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode guided inquiry-discovery dalam peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi,tes,observasi dan wawancara. Validitas Data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan terbukti dengan rata-rata hasil belajar IPA yang dicapai siswa pada pra tindakan 65,28 dengan ketuntasan 52,38 %,pada siklus I meningkat menjadi 72,90 dengan ketuntasan 71,42 % dan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 79,57 dengan ketuntasan 90,46 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided inquiry-discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, guided inquiry-discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 06:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 06:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19875 |
Actions (login required)
View Item |