Purnamasari, Danik Ika (2012) Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 3 Patihan Sidoharjo Sragen Pada Mata Pelajaran Ips Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (567kB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 (dua) siklus, terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas V SD Negeri 3 Patihan Sidoharjo Sragen Tahun 2011/2012 melalui penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Paired Storytelling pada materi pokok Perjuangan Mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes formatif, dengan alat pengukuran data menggunakan triangulasi sumber dan tes analisis diskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru dan 22 siswa kelas V SD Negeri 3 Patihan Sidoharjo Sragen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian sebelum pelaksanaan siklus diperoleh hasil bahwa rata – rata kelas 56,09 dengan siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 (KKM) ada 7 siswa (31,81%). Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata – rata kelas 60,27 dan siswa yang mendapat nilai ≥ 60 (KKM) ada 10 siswa (45,45%). Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lebih tinggi dibanding pada siklus I, terbukti dengan rata – rata kelas 71,32 dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 (KKM) ada 21 siswa (95,45%). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Paired Storytelling Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SD Negeri 3 Patihan Sidoharjo Sragen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode cooperative learning tipe paired storytelling, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 06:18 |
Last Modified: | 12 Sep 2012 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19874 |
Actions (login required)
View Item |