Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assited Individualization Untuk Mengoptimalisasi Penguasaan Perkalian Kelas III SDN 03 Matesih Karanganyar Tahun 2011 / 2012

Santoso, Sugeng (2012) Penelitian Tindakan Kelas Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assited Individualization Untuk Mengoptimalisasi Penguasaan Perkalian Kelas III SDN 03 Matesih Karanganyar Tahun 2011 / 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.

[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (362kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan penguasaan perkalian peserta didik dalam mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri 03 Matesih melelalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assited Individualization (TAI). Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 03 Matesih. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan,soal tes, dan daftar nilai kelas III SD N 03 Matesih. Hasil penelitian ini, data awal nilai siswa mata pelajaran matematika kurang dari ketuntasan nilai minimalnya yaitu 70 adalah 46,15%, pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 65,38 % ini menandakan penguasaan operasi hitung perkalianya juga meningkat. Pada siklus II ketuntasan nilai minimalnya mencapai indicator keberhasilan penelitian yaitu 88,46%. Dengan dimikan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team Assited Individualization dapat Mengoptimalisasi Penguasaan Perkalian Kelas III SDN 03 Matesih Karanganyar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: team
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Sep 2012 05:53
Last Modified: 12 Sep 2012 05:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item View Item